04 April 2012

CLOUD COMPUTING

Komputasi awan

cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer komputasi dan pengembangan berbasis Internet.

Awan (cloud)
adalahmetefora dari internet,sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Awan(cloud)dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dariinfrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metodakomputasi di mana kapabilitasterkait teknologi informasidisajikan sebagai suatu layanan(as a service), sehinggapengguna dapat mengaksesnyalewat Internet ("di dalamawan")tanpa mengetahui apayang ada didalamnya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi
IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanentersimpan diserver di internet dan tersimpan secara sementara dikomputer pengguna(client )termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook,Handphone,handheld ,sensor-sensor, monitor dan lain-lain."

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.
Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah webdengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di
server. Komputasi awan saat inimerupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Tipe-tipe Komputasi Awan
Ada 3 tipe komputasi awan :

Infrastructure as a Service (IaaS)
Vendor atau penyedia jasa memberikan klaster server, jaringan, sistem penyimpanan yang didesain mennggantikan fungsi data center .
Contoh :
Elsatic Compute Cloud (EC2) dan Simple Storage Service milik Amazon.

Platform as a Service(PaaS)
Vendor menyediakan virtualized servers yang memungkinkan para pengguna menjalankan aplikasi yang tersedia atau mengembangkan aplikasi baru tanpa harus pusing memikirkan bagaimana me-maintain sistem operasi,server,load balancingataukapasitas komputasi.
Contoh : model ini adalah Azure milik Microsoft dan Force.com milik Salesforce.

Software as a Service (SaaS)
Model ini memungkinkan seluruh fungsi aplikasi perangkat lunak dijalankan via webbrowser, bukan lagi pada aplikasi yang tertancap di komputer user .
Contoh : Gmail dan aplikasi lain (Doc dan sebagainya)milik Google, instant messaging dari AOL, Yahoo,Skype,dll.

Layanan Awan Megaupload

Megaupload adalah contoh penerapan komputasi awan. Tepatnya, ia merupakan contoh bagaimana pengguna bisa menyimpan file-nya di "awan" alias di internet tanpa memikirkan kapasitas hard disk.

Tapi, pengguna perlu hati-hati dengan layanan seperti Megaupload. Menurut PC World, ada tiga layanan yang disediakan situs tersebut:

Yang pertama, adalah layanan komputasi awan gratis bagi pengguna yang tak terdaftar. Paling tidak satu kali setiap 21 hari file itu harus diunduh agar tidak dihapus dari server Megaupload.
Yang kedua adalah layanan bagi pengguna terdaftar tapi gratis. Bedanya hanya di batasan waktu yang lebih lama, yakni 90 hari.
Dan yang ketiga, adalah layanan pengguna terdaftar premium. Dengan memilih layanan ini, pengguna bisa menyimpan file selama apapun yang mereka inginkan asalkan terus membayar.

Sumber :
http://www.scribd.com/doc/79732585/Komputasi-awan

1 comment:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    ReplyDelete